Monday, July 20, 2020

GERAKAN BERJALAN DAN BERLARI

Tuhan menciptakan tubuh kita terdiri atas berbagai bagian tubuh. Bagian tubuh mempunyai fungsi masing-masing. Salah satu bagian tubuh yang dapat kita gerakkan adalah kaki. Gerakan kaki banyak macamnya, di antaranya adalah berjalan dan berlari. Dalam pelajaran kali ini kalian akan mempelajari bermacam permainan dan latihan yang melakukan gerakan berjalan dan berlari.

1. Gerakan Berjalan

Berjalan adalah menggerakkan kaki maju ke depan dalam posisi yang benar secara bergantian. Berjalan salah satu gerakan yang biasa dilakukan banyak orang. Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari berjalan. Tidak hanya sampai ke tempat tujuan tapi berjalan dapat membuat kita sehat. Gerakan berjalan itu berbeda-beda bergantung pada tujuan yang kita inginkan. Di bawah ini akan dipelajari bermacam-macam gerakan berjalan sebagai berikut.

a. Berjalan di tempat

Berjalan adalah kegiatan yang biasa kita lakukan untuk mencapai tujuan tertentu/tempat. Gerakan jalan di tempat berbeda dengan jalan berpindah tempat. Gerakan berjalan di tempat bertujuan untuk melatih gerakan kaki. Jalan di tempat biasa digunakan dalam latihan baris berbaris. Apabila dilakukan dalam suatu regu, kekompakan dalam tim sangat diperlukan supaya semua gerakan serasi untuk melatih kebersamaan. Latihan ini dapat kalian praktikkan, sesuai petunjuk berikut.

  • berdiri tegak;
  • pandangan lurus ke depan;
  • tangan dikepalkan di samping badan;
  • angkat kaki kanan dan kaki kiri bergantian.

b. Berjalan dengan langkah tegap

Berjalan dengan langkah tegap biasanya dilakukan oleh TNI dalam latihan. Jalan tegap juga dipakai dalam latihan baris berbaris. Tujuan latihan ini adalah melatih kedisiplinan. Jarak langkah diperlukan dalam latihan ini. Dalam latihan beregu kebersamaan langkah juga sangat diperlukan. Oleh karena itu, kekompakkan sangat diutamakan.
Cara melakukan gerak ini adalah:

  • badan berdiri tegap dengan dada membusung;
  • pandangan lurus ke depan;
  • pada sikap awal kedua tangan dikepalkan di samping badan;
  • pada hitungan ke 3 langkahkan kaki dimulai dengan kaki kiri diikuti kaki kanan;
  • ayunkan lengan 45 derajat berlawan arah dengan langkah kaki.

c. Berjalan dengan saling perpegangan tangan

Pernahkah kalian melihat dua orang yang akan menyeberang jalan? Penyeberang jalan itu pasti berpegangan tangan. Walaupun mereka tidak saling kenal, terkadang tanpa sadar para penyeberang saling berpegangan tangan. Jika menyeberang jalan tidak berpegangan tangan, bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga kekompakan sangatlah diperlukan. Hal ini bisa diatasi dengan latihan berjalan bergandengan tangan. Dalam pelajaran ini akan dipelajari berjalan bergandengan/ berpegangan tangan yang bertujuan tidak hanya untuk kesehatan tapi untuk kekompakan dan juga toleransi. Bergandengan tangan tentunya dilakukan lebih dari satu orang. Oleh karena itu, untuk melakukan latihan harus dilakukan dengan beregu

No comments:

Post a Comment