Tuesday, July 23, 2019

Pengaruh Kenampakan Alam Terhadap Kondisi Sosial Budaya Masyarakat

    Keadaan alam di suatu daerah dapat memengaruhi kehidupan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Masyarakat tradisional di daerah masih bergantung pada alam, terutama di daerah terpencil seperti pedalaman Kalimantan, Sumatra, dan Papua. Semakin terpencil dan jauh dari perkotaan, semakin kuat pengaruh alam terhadap kehidupan masyarakat. Kepercayaan terhadap roh-roh nenek moyang ataupun bendabenda yang dianggap mempunyai kekuatan gaib masih sangat melekat.

    Masyarakat yang tinggal di daerah pantai sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Berbeda dengan kehidupan di daerah, kehidupan masyarakat yang tinggal di perkotaan lebih beragam. Masyarakat yang tinggal di perkotaan tidak terlalu mengandalkan alam, tetapi lebih mengandalkan pada keterampilan sebagai wiraswasta dan pegawai negeri. Kenampakan alam juga berpengaruh terhadap bentuk sosial budaya yang lain, di antaranya adat istiadat, bahasa, pakaian daerah, dan kesenian daerah.

1. Adat Istiadat
Adat istiadat merupakan tradisi atau kebiasaan yang dilakukan masyarakat secara turun-temurun. Adat istiadat sangat dipengaruhi oleh keadaan alam tempat manusia tinggal. Masyarakat di pedesaan masih memegang erat adat istiadat dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan masyarakat di kota, hubungan antar warga sangat renggang, bahkan dengan tetangga kadang tidak saling mengenal.

2. Bahasa
Adanya bentang alam akan berpengaruh pada semua aspek kehidupan. Salah satunya perbedaan suku di Indonesia sehingga berakibat pula dengan adanya perbedaan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Namun, sukusuku tersebut dapat dipersatukan dengan adanya bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia.

3. Pakaian Daerah
Manusia banyak memanfaatkan tumbuhan dan hewan di sekitarnya untuk memenuhi kebutuhan sandangnya, seperti bulu domba, bulu burung, kulit buaya, kulit pohon, dan dedaunan. Pada zaman dahulu manusia langsung menggunakan bahan tersebut untuk menutupi tubuhnya. Seiring dengan perkembangan pengetahuan, manusia mengolah terlebih dahulu bahan-bahan alam tersebut menjadi kain, kemudian Pakaian daerah menggambarkan keanekaragaman budaya Indonesia. Pakaian daerah dapat disebut sebagai pakaian adat. Pakaian adat setiap provinsi berbedabeda. Selain itu, pakaian adat setiap provinsi memiliki keunikan dan kekhasan. Pakaian adat umumnya digunakan pada upacara adat.

4. Kesenian Daerah
Kesenian merupakan segala sesuatu yang indah seperti tarian, lagu, lukisan, ataupun tulisan. Segala bentuk kesenian tersebut tak lepas dari pengaruh kondisi alam yang ada di sekitar manusia. Kesenian merupakan hasil pengolahan akal pikiran, perasaan yang digabungkan dengan apa yang dilihat manusia di alam dan bentuk rasa takjub manusia pada keindahan alam ciptaan Tuhan. Bentuk-bentuk kesenian daerah di Indonesia cukup beragam. Setiap provinsi memiliki keunikan ragam kesenian dan kekhasannya masing-masing.

Bentuk-bentuk kesenian daerah di Indonesia cukup beragam. Setiap provinsi memiliki keunikan ragam kesenian dan kekhasannya masing-masing.








No comments:

Post a Comment