RINGKASAN MATERI PESAWAT SEDERHANA
Jenis – jenis Pesawat
Sederhana
Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan manusia. Pesawat sederhana ada 4 yaitu : katrol, roda berporos, bidang miring dan pengungkit. Keuntungan mekanis (KM) adalah bilangan yang menunjukkan berapa kali pesawat menggandakan gaya. Keuntungan mekanis dapat dirumuskan sebagai :
Katrol
Katrol merupakan jenis pesawat
sederhana yang berbentuk roda yang biasanya dihubungkan dengan tali di sekelilingnya
dimana ketika tali tersebut ditarik, maka katrol akan berputar pada porosnya.
Katrol ini sering digunakan oleh tukang bangunan untuk menaikkan bahan ke atas,
atau untuk menimba air dari bawah ke atas, mobil derek ketika menderek
mobil.Berdasarkan tempat kedudukannya, katrol dapat dibedakan menjadi tiga
yakni: katrol tetap, katrol bergerak, dan sistem katrol.
Pada prinsipnya katrol tetap sama
dengan pengungkit jenis pertama, yakni titik tumpu berada diantara titik beban
dan titik kuasa seperti yang terlihat pada gambar 5(a). katrol tetap sering
terlihat ketika digunakan pada timba, tiang bendera, dll. keuntungan mekanis
pada katrol tetap adalah
Nilai keuntungan mekanis sama
dengan 1 menunjukkan bahwa besar gaya kuasa (F) sama dengan berat beban (w).
Hal ini berarti tidak mendapat keuntungan mekanis jika ditinjau dari besar gaya
kuasa yang digunakan. Akan tetapi, kemudahan yang di dapat dari penggunaan
katrol tetap adalah terletak pada perubahan arahnya kuasa, yakni mengubah gaya
angkat menjadi gaya tarik
Katrol bebas
Sesuai dengan namanya, katrol
bebas adalah katrol yang bergerak ketika digunakan seperti yang terlihat pada
gambar 5(b). Titik tumpu katrol bebas terletak pada titik C sedangkan titik A
merupakan titik beban dan B merupakan titik kuasa, sehingga keuntungan mekanis
pada katrol bebas dapat ditentukan sebagai berikut.
Nilai 2 pada keuntungan mekanis katrol bebas menunjukkan apabila mengangkat beban dengan berat tertentu maka dibutuhkan gaya kuasa sebesar setengah kali berat beban tersebut.
Sistem katrol (takal)
Sistem katrol atau takal adalah
susunan katrol yang terdiri dari katrol bebas dan katrol tetap (minimal 2
katrol). Sistem katrol ini biasa digunakan untuk mengangkat beban yang sangat
berat seperti pada mobil derek kecil bisa menderek mobil yang besar-besar
sehingga dengan menggunakan katrol jenis ini gaya kuasa yang digunakan dapat
diminimalkan. Keuntungan mekanis pada sistem katrol bergantung pada jumlah
katrol dan tali yang menanggung beban tersebut.
Demikian penjelasan tentang
materi pesawat sederhana untuk kelas 8, jadi dapat disimpulkan bahwa pesawat
sederhana merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan
manusia. pesawat sederhana terdapat tiga jenis yakni tuas, bidang miring, dan
katrol
Perhatikan gambar berikut!
Sebuah beban seberat 40 Newton ditarik ke atas dengan katrol tetap seperti pada gambar. Jika gesekan tali dan berat katrol diabaikan, maka gaya kuasa minimum yang diperlukan untuk mengangkat beban tersebut adalah ….
Pembahasan
Gaya kuasa minumum yang diperlukan untuk mengangkat adalah 40 N
F = w = 40
karena katrol tetap memiliki keuntungan mekanik KM = 1
Berapakah gaya kuasa yang dibutuhkan untuk mengangkat papan tersebut!
Pembahasan:
Diketahui: w = 20 N
Ditanya: F =…?
Penyelesaian:
Katrol di atas merupakan jenis katrol bergerak. Keuntungan mekanis
katrol bergerak adalah 2, sehingga gaya kuasanya dirumuskan sebagai berikut.
Jadi, gaya kuasanya adalah 10 N.
Roda digunakan untuk memindahkan benda agar lebih ringan, roda memiliki sebuah poros dan bisa berputar pada porosnya. Salah satu contoh roda adalah roda sepeda yang biasa kamu naiki
Jenis-Jenis Roda
Ø
Roda Setali
Roda setali, yaitu dua buah roda atau lebih yang dihubungkan dengan
tali.
Roda Sepusat
Contohnya :
Roda sepeda yang dihubungkan dengan rantai, dan roda sepeda motor yang
dihubungkan dengan rantai.
Ø
Roda sepusat, yaitu dua buah roda atau lebih
yang memiliki pusat yang sama.
Contohnya : Roda pada mobil truk.
Roda
bersinggungan
Gigi roda merupakan contoh
pesawat sederhana.Gigi roda banyak digunakan pada mesin-mesin mobil, sepeda
motor, dan sepeda.Pernahkah kamu memperhatikan ketika kamu naik sepeda? Ketika
kamu melewati tanjakan, sepeda kamu akan terasa berat. Hal ini dikarenakan
tarikan gaya gravitasi yang bekerja pada badan dan sepedamu. Sepeda masa kini
telah dilengkapi dengan gigi roda yang lebih dari satu.Gigi roda ini berfungsi
meningkatkan atau menurunkan putaran.Ketika sepeda akan melewati tanjakan, kamu
pasti memindahkan gigi roda belakang sedemikian rupa sehingga rantai akan
terhubung dengan gigi roda yang paling besar. Gigi roda depan yang berhubungan
langsung dengan pedal tempat mengayuh pun diubah sedemikian rupa sehingga
rantai akan terhubung pada gigi roda yang paling kecil. Hal ini mengakibatkan
laju sepeda akan melambat, tetapi kamu akan merasakan kayuhan kakimu menjadi
ringan. Sehingga dengan gaya sama seperti digunakan untuk mengayuh sepeda pada
jalan datar, kamu dapat melewati tanjakan.
No comments:
Post a Comment