Thursday, August 1, 2019

Prilaku Hidup Sehat

Perilaku hidup sehat adalah upaya individu menjaga kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah mencanangkan perilaku hidup sehat bagi masyarakat Indonesia. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan perilaku yang dipraktikkan oleh setiap individu dengan kesadaran sendiri untuk meningkatkan kesehatannya dan berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan yang sehat. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat harus diterapkan dalam setiap lini kehidupan manusia kapan saja dan di mana saja. Seperti halnya PHBS di rumah tangga/keluarga, institusi kesehatan, tempat-tempat umum, sekolah, maupun di tempat kerja karena perilaku tersebut merupakan sikap dan tindakan yang akan membentuk kebiasaan seseorang untuk berperilaku sehat.

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dilaksanakan di lingkungan keluarga, sekolah. dan masyarakat. Di lingkungan sekolah mengenalkan tentang kesehatan melalui UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru, dan warga sekolah. UKS dan Puskesmas menjalin kerja sama untuk melatih peserta didik terpilih menjadi dokter kecil. Dokter kecil dilatih mengenai kesehatan dan perilaku sehat di sekolah. Ada enam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dilakukan di sekolah, yaitu: cuci tangan, kuku pendek dan bersih, BAK dan BAB menggunakan jamban (WC) yang sehat, membuang sampah pada tempat sampah, memeriksa jentik-jentik di pot atau bak air, dan kantin sehat.

Selain Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dicanangkan Pemerintah, ada Instruksi Presiden No. 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sena (GERMAS). Germas adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Tujuannya adalah agar kesehatan terjaga, produktif, lingkungan bersih, dan biaya untuk berobat berkurang. Bentuk kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yaitu sebagai berikut :

1. Melakukan aktivitas fisik.
2. Mengonsumsi sayur dan buah.
3. Tidak merokok.
4. Tidak mengonsumsi alkohol.
5. Memeriksa kesehatan secara rutin.
6. Membersihkan lingkungan.  
7. Menggunakan jamban. 


No comments:

Post a Comment