Thursday, July 25, 2019

Arti Hidup Sehat

Kehidupan manusia tidak dapat lepas dari aktivitas fisik sehari-hari. Aktivitas manusia selalu erat dengan lingkungan sekitarnya. Manusia bergantung pada lingkungan dan kenampakan alam untuk mencari sumber makanan, membangun tempat tinggal, dan mencari pekerjaan. Manusia yang tinggal di daerah pegunungan memiliki kebiasaan yang berbeda dengan yang tinggal di pinggir pantai. Kebiasaan hidup sehat mereka pun berbeda-beda. Ada yang hidup bersih dan sehat serta ada yang tidak memperhatikan kesehatan.

Hidup sehat adalah suatu cara atau upaya meningkatkan kualitas hidup dengan memperhatikan kesehatan jiwa dan raga. Lingkungan yang sehat memengaruhi kesehatan tubuh. Lingkungan yang sehat dapat menyediakan sumber makanan yang sehat pula. Tubuh kita membutuhkan asupan gizi yang berasal dari makanan sehat yang kita konsumsi. Mengonsumsi makanan tidak bertujuan membuat perut kenyang, tetapi memberi gizi sesuai kebutuhan tubuh kita. Gizi berguna untuk memperlancar metabolisme tubuh, membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan.

Udara yang bersih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Udara yang tercemar tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama pernapasan kita. Asap rokok, asap kendaraan bermotor, asap kebakaran hutan, asap pembakaran sampah, dan asap dari industri rumah tangga maupun modern dapat mencemari udara di sekitar kita. Udara tercemar disebut juga polusi udara. Polusi udara mengakibatkan gangguan pada pernapasan, yaitu Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

No comments:

Post a Comment