Thursday, July 30, 2020

AYO CARI TAHU MANFAAT AIR

Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi makhluk hidup. Hampir seluruh kegiatan sehari-hari makhluk hidup memerlukan air. Tanpa air, semua makhluk hidup akan mati. Makhluk hidup khususnya manusia memerlukan air yang bersih dan sehat untuk hidup. Manusia tidak hanya membutuhkan air untuk minum saja, tetapi untuk kebutuhan hidup lainnya, seperti mandi, mencuci, memasak, menyiram tanaman, dan lain-lain.


Sumber Foto : https://bobo.grid.id/

Di lingkungan sekolah, berbagai kegiatan tidak lepas dari pemakaian air sebagai kebutuhan warga sekolah. Air digunakan oleh warga sekolah untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, membersihkan diri setelah buang air, dan mencuci alat makan.

Air dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, di antaranya sebagai berikut.

  • Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  • Kegiatan di kamar mandi, setelah buang air kecil dan buang air besar.
  • Minum.
  • Memasak.
  • Mencuci peralatan makan dan pakaian.
  • Menyiram tanaman.
  • Mencuci kendaraan.


Sumber Foto : https://akuinginhijau.org

Air merupakan nutrisi yang penting bagi anak-anak. Asupan air yang cukup dalam tubuh, Surnber, lutradise akan menjaga konsentrasi anak dalam belajar. Apabila anak kurang minum dan mengalami dehidrasi maka tubuh akan terasa lemah dan rentan penyakit.

Anak-anak membutuhkan air minum yang cukup sebelum berangkat ke sekolah dan selama berada di sekolah. Aktivitas belajar dan bermain di sekolah akan menyebabkan anak berkeringat. Air minum berguna untuk mengganti cairan yang telah keluar dari tubuh anak saat berkeringat. Oleh karena itu, anak-anak sebaiknya dibekali air minum selama di sekolah.

Tidak semua air bersih layak untuk diminum. Selain bersih, air yang kita minum harus sehat. Agar layak untuk diminum, air bersih perlu diolah terlebih dahulu. Jika air yang kita minum tidak bersih dan sehat maka akan mengakibatkan kita menjadi sakit, seperti sakit diare.


Sumber Foto : https://bobo.grid.id/


Untuk air minum, kualitasnya harus memenuhi syarat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492 Tahun 2010 dan telah lulus uji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yaitu:

  • Syarat fisik: air bening atau jernih, tidak berbau, tidak berasa/tawar, tidak memiliki endapan, dan memiliki suhu ruang.
  • Syarat kimiawi: air mengandung kandungan mineral yang penting bagi tubuh dan tidak mengandung logam beracun, serta memiliki pH netral yang mengandung cukup yodium.
  • Syarat mikrobiologi: air bebas dari kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Untuk di rumah, untuk meyakinkan air yang dikonsumsi layak diminum, sebaiknya terlebih dahulu menyaringnya dengan filter air, atau air direbus terlebih dahulu sampai mendidih agar kuman mati. 

No comments:

Post a Comment