Tuesday, August 4, 2020

AYO CARI TAHU SUMBER AIR BERSIH

Air berasal dari sumber yang berbeda-beda. Keberadaan air di alam berasal dari tiga sumber, yaitu sebagai berikut.

  • Air angkasa, berasal dari air hujan, merupakan cadangan air tawar, tetapi belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh manusia.
  • Air permukaan, berasal dari laut, sungai, danau, rawa, dan waduk. Air laut jumlahnya melimpah, tetapi rasanya asin dan tidak dapat langsung digunakan oleh manusia tanpa melalui pengolahan. Air sungai di Indonesia umumnya keruh dan beberapa telah tercemar akibat kegiatan manusia, seperti air limbah cucian, limbah pabrik, sampah rumah tangga, dan penggunaannya juga memerlukan pengolahan sebelum digunakan.
  • Air tanah, terbagi atas air tanah tertekan dan air tanah tidak tertekan. Air tanah tertekan adalah air tanah yang dibatasi oleh dua lapisan kedap air dan mempunyai tekanan ke atas permukaan tanah. Contohnya, air sumur artesis dan mata air. Mata air merupakan sumber air yang baik kualitasnya apabila telah melalui proses penyaringan alami dan bebas kuman. Adapun air sumur, apabila tidak mengalami pencemaran di permukaan tanah, dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan air manusia. Sementara itu, air tanah tidak tertekan adalah air tanah yang dekat dengan permukaan tanah dan tidak mempunyai tekanan untuk naik ke atas permukaan tanah. Contohnya, sumur pompa dan sumur gali.

Waduk Manggar KM 12, Sumber Foto : https://kaltim.tribunnews.com/

Air yang bersih di Kota Balikpapan diperoleh dari sumur bor, sumur pompa, sumur gali, dan PDAM. Ada juga yang diambil dari mata air, sungai, atau penampungan air hujan secara langsung. Air bersih banyak didapatkan dari dalam tanah pada kedalaman tanah tertentu. Pengambilan air tersebut memiliki kisaran dua meter ke atas. Kandungan mineral yang ada pada air tersebut sangat baik karena bebas dari pencemaran lingkungan sekitar. Kandungan sejumlah mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.

Sumur Pompa, Sumber Foto : https://pikdo.info/
 

Air yang kita ambil dari sumber air secara langsung biasanya masih terdapat kotoran. Air tersebut terlihat keruh, berbau, dan tidak dapat langsung kita manfaatkan. Ada beberapa cara sederhana yang dapat digunakan untuk mendapatkan air bersih. Cara mudah yang dapat dilakukan adalah membuat saringan air secara sederhana. Perlu diperhatikan bahwa air bersih yang dihasilkan dari proses penyaringan air secara sederhana tersebut tidak dapat menghilangkan sepenuhnya garam yang terlarut di dalam air.

Sumur Gali, Sumber Foto : https://arafuru.com

Di Indonesia, standar kualitas air telah ditetapkan melalui Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 416/Menkes/Per/IX/1990 tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air. Dalam peraturan tersebut, air dibagi menjadi 4 golongan, yaitu air minum air bersih, air kolam renang, dan air pemandian umum.

  • Air minum, yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum tanpa perlu pengolahan terlebih dahulu.
  • Air bersih, digunakan dalam kegiatan manusia sehari-hari yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat diminum melalui proses pengolahan terlebih dahulu.
  • Air kolam renang, digunakan untuk kegiatan olahraga dan memenuhi syarat kesehatan.
  • Air pemandian umum, digunakan untuk pemandian umum dan kualitasnya memenuhi syarat kesehatan. 

PDAM Kota Balikpapan, Sumber Foto : https://www.pdamtirtamanggar.com/

No comments:

Post a Comment